Ingin Istiqamah Berjilbab? Ini Caranya!

Bismillahirrohmaanirrohiim


Istiqamah berarti tetap patuh menjalani perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Didalam berjilbab pun kita dituntut untuk istiqamah meskipun memang tidak mudah. Untuk itu, ada beberapa tips agar dapat istiqamah dalam berjilbab.

1. Pahami dan amalkan dua kalimat syahadat

Ketika kita sudah mengucapkan kalimat Syahadat, maka kita sudah berikrar bahwa Allah SWT adalah Rabb kita dan Nabi Muhammad SAW adalah suri tauladan serta panutan hidup, maka secara otomatis kita harus mengikuti dan patuh terhadap aturan Allah SWT, termasuk dalam berpakaian.

2. Kaji kandungan Al-Quran

Membaca dan memahami Al-Quran tanpa disadari dapat meneguhkan hati orang-orang yang beriman. Seperti yang dijelaskan Allah dalam surat An-Nahl ayat 102:

Q.S An-Nahl[16]: 102
Katakanlah: 'Ruhul Qudus (Jibril) menurunkan Al Quran itu dari Tuhanmu dengan benar, untuk meneguhkan (hati) orang-orang yang telah beriman, dan menjadi petunjuk serta kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri (kepada Allah)'. (Q.S An-Nahl[16]: 102)

Cara ini dapat dilakukan dengan mengikuti pengajian, kahian atau aktif di dalam suatu majelis ilmu (taklim).

3. Kosisten

Meskipun kita masih sedikit dalam melakukan ibadah-ibadah terutama sunnah, namun konsisten dalam melakukannya akan lebih baik daripada ibadah besar tapi hanya sekali. Tetap menggunakan jilbab sehari-hari dalam segala kondisi, terutama ketika di luar rumah akan membuat kita yakin akan hijab yang kita pakai.

4. Baca kisah orang-orang shalehah, khususnya yang istiqamah berjilbab

Luangkan waktu untuk membaca bacaan islami, media cetak ataupun online khususnya yang membahas tentang keutamaan berjilbab. Selain itu, baca juga kisah orang-orang yang mendapatkan hidayah atau 'keajaiban' setelah berjilbab insya Allah akan menjadi motivasi untuk istiqamah dalam berjilbab.

5. Bergaul dengan orang -orang shaleh

Cobalah untuk berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yang bernuansa keagamaan. Kegiatan ini secara tidak langsung akan membuat kita yakin dan tersadar bahwa berjilbab dapat membuat tali persaudaraan semakin erat, keyakinan semakin mantap dan Allah SWT pun akan melindungi dan menjaga kita.

6. Memohon kepada Allah SWT agar diberi keistiqamahan

Doa adalah salah satu senjata orang beriman. Kekuatan doa sangat berpengaruh dalam perjalanan hidup seseorang. Doa juga merupakan suatu pengakuan bahwa kita sesunggunya lemah dan tidak berdaya, untuk itu butuh kekuatan. Dengan doa, akan membuat kita memiliki rasa optimis dalam menghadapi setiap masalah. Berdoalan kepada Allah SWT agar Allah SWT senantiasa memberikan keteguhan dalam kebaikan salah satunya dalam berjilbab.

Semoga Bermanfaat.
Referensi: Majalah Percikan Iman No 10 Th. XV Oktober 2014


Alhamdulillahirobbil'aalamiin